expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jebakan Clickjacking Menyasar ke Pengguna Facebook

Trend Micro baru saja menemukan adanya clickjacking yang menyasar ke dalam pengguna facebook di beberapa negara termasuk Indonesia. 
Salah satu jebakan clickjacking yang ditemukan, berupa tiket gratis menjelang premier-nya film box office dunia Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2, yang dinantikan oleh jutaan fans di seluruh dunia.
 
Sebuah foto yang memajang sosok Robert Pattinson dan Kristen Stewart, dua pemeran utama film tersebut, dijadikan sebagai ‘alat pancingan’ berikut dengan linknya dan disebarkan lewat Facebook. Dengan mengusung judul “Get A Free Tickets to Twilight Breaking Dawn Part 2!”, pengguna Facebook disarankan agar tidak meng-klik dan percaya begitu saja dengan tawaran tiket gratis premier dunia Twilight Saga.
Jika pengguna mengklik tombol “Share Link” maka postingan tersebut otomatis akan di-share di wall pengguna agar menjaring lebih banyak korban. Nah, jika gambar atau teks diklik, maka pengguna akan diarahkan ke sebuah halaman survei untuk diminta mengisi alamat email. Setelah menginputkan alamat email, sebuah halaman konfirmasi akan muncul yang akan meminta pengguna memberikan informasi pribadi lebih banyak, seperti nomor telepon, alamat email, tanggal lahir.
Mereka yang mengklik dang mengisi laman ini akan diarahkan ke sebuah halaman survei palsu yang motifnya berupa pencurian identitas. Beberapa waktu lalu, Trend Micro, juga berhasil mendeteksi jebakan klik video “Badai topan Hurricane Irene” di Facebook, dengan modus yang kurang lebih sama dengan jebakan klik tiket gratis Twilight Saga.
Karena itu, Trend Micro, sebagai vendor keamanan yang telah mendeteksi ini menyarankan agar pengguna facebook mulai berhati-hati menggunakan laman di social media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...