expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Cristiano Ronaldo Di Daulat Menjadi Duta Twitter-nya China

Pesepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, ikut bergabung menjadi salah satu public figure yang menggunakan layanan microblogging China. Ronaldo menulis pesan pertama di situs weibo (microblog) Tencent pada Minggu (16/10/2011).
Memang Twitter adalah situs microblogging terbesar di dunia. Akan tetapi, Pemerintah China melarang penduduknya menggunakan Twitter sehingga persaingan di sana hanya menyisakan dua situs weibo, yaitu Sina dan Tencent.
Tahun 2011 ini, Tencent melaporkan jumlah pengguna layanan mereka meningkat tajam. Saat ini, Tencent memiliki 233 juta pengguna terdaftar, meningkat 33 juta pengguna sejak Juni lalu.
Pesaing Tencent, Sina, yang minggu lalu baru saja meluncurkan layanan online video interaktif juga memiliki lebih dari 200 juta pengguna. Meski mempunyai jumlah pengguna sama, secara kultur, Sina lebih menjadi pilihan bagi pengguna internet di China.
Meski Sina lebih diterima oleh masyarakat China, Tencent mempunyai strategi khusus untuk bersaing dengan kompetitornya itu. Untuk meraih pengguna-pengguna baru, Tencent dikenal sering menggunakan jasa para selebritis atau public figure sebagai daya tarik.
Apakah Ronaldo juga dibayar oleh Tencent? Belum ada penjelasaran resmi dari pihak Ronaldo ataupun Tencent mengenai ini. Namun, menurut Steven Millward di Penn Olson, bintang Read Madrid ini memang menjadi duta resmi Tencent. Ini diperkuat dengan foto profil Ronaldo di account Tencent-nya terlihat sedang memegang boneka penguin yang merupakan maskot dari Tencent.
Ronaldo bukanlah pesepak bola pertama yang menggunakan situs microblog di China. Bintang Barcelona dan Argentina, Lionel Messi, telah lebih dahulu menggunakan Tencent, dan saat ini dia telah memiliki lebih dari 13.000 followers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...