expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Meta Tag

Bagi para blogger pemula (seperti aku yang baru lima bulan jadi blogger, hehe...), biasanya belum mengenal meta tag ini, apalagi hampir setiap template blog yang ada tidak mencantumkan meta tag ke dalam script HTML-nya. Padahal meta tag ini sangat membantu mesin pencari (search engine) untuk melacak (merayapi) situs kita, karena fungsi utama dari meta tag ini adalah untuk memberikan semacam ringkasan mengenai sebuah situs kepada search engine sehingga search engine tersebut bisa mengetahui keberadaan suatu situs hanya dengan membaca ringkasannya (tanpa harus membaca seluruh entry data-nya). Dan konon, dengan menambahkan meta tag ini dapat mendongkrak popularitas situs kita karena search engine dapat dengan mudah untuk mengindeks situs kita itu (Benar apa tidak, blum tauk tuh. Maklum orang baru, hehe...).

Ada tiga meta tag yang wajib bin kudu ada di dalam sebuah situs, yaitu :
  1. Robots, berfungsi untuk memberitahu search engine agar tidak tidak membaca halaman-halaman tertentu di situs kita, seperti halaman yang hanya khusus untuk anggota.
  2. Description (keterangan), berfungsi untuk memberitahu search engine agar melacak situs kita melalui keterangan ini tanpa harus membaca seluruh isi kontennya.
  3. Keywords (kata kunci), berfungsi untuk memberitahu search engine agar melacak situs kita melalui kata kunci-nya saja tanpa harus membaca seluruh entry data-nya.
Nah, bagaimana membuat meta tag ini? Berikut adalah contoh meta tag yang dapat kamu tiru :
    <meta content='INDEX, FOLLOW;' name='robots' />
    <meta content='Keterangan situs;' name='description' />
    <meta content='Kata kunci situs;' name='keywords' />
    <meta content='Nama kamu;' name='author' />
Keterangan :
Jika konten anggota tidak ingin diindeks maka ganti FOLLOW-nya dengan NOFOLLOW. Dan jika situs kamu tidak ingin diindeks, ganti content-nya dengan NOINDEX, NOFOLLOW, sehinga search engine tidak akan bisa mencari/merayapinya. Tapi gak usah takut, situs kamu masih bisa dibuka jika kamu atau teman kamu menuliskan URL-nya.
Keterangan situs diisi sesuai dengan konten situs, misalnya seperti :
“Blog ini merupakan kumpulan tulisan seputar dunia sastra, baik berupa puisi, cerpen, cerbung dan artikel lainnya seputar sastra.”
Deskripsi atau keterangan situs ini sebaiknya lengkap dan tidak harus sama dengan deskripsi judul web/blog, yang biasanya singkat
Kata kunci situs diisi sesuai dengan deskripsi situs tadi, misalnya :
 “sastra, cerpen, cerpen lucu, cerbung, cerbung serem, puisi, puisi cinta, puisi supi, artikel sastra.”
Perhatikan kata yang diulang! Itu akan memudahkan search engine untuk mencari melalui kata kunci tersebut. Jadi jika orang mencari secara lebih spesifik, misalnya cerpen lucu, maka search engine akan langsung menunjuk ke situs kita. Tapi ingat, jangan mengulang kata lebih dari 3 kali, soalnya bisa-bisa dianggap spam oleh search engine.
Author diisi dengan si pembuat situs, sehingga jika nama ini dicari melalui search engine maka akan muncul pula situs yang dibuatnya.

Nah, sudah jelas kan? Lalu bagaimana cara meletakkan meta tag itu?
  1. Login dulu ke blogger kamu.
  2. Dari halaman dashboard, pilih Tata Letak, pilih Edit HTML.
  3. Copy script meta tag tadi (setelah diedit sesuai situs kamu).
  4. Tempelkan di bawah <head> (letaknya ada pada script paling atas), atau jika kamu sudah membuat blog titel berjalan pada tab page kamu bisa meletakkannya di bawah script untuk shorcut icon (favicon).
  5. Save setelah menambahkan meta tag tersebut.
Ok, coy.... segitu aja dulu penjelasannya. Mudah-mudahan bisa dimengerti (klo ga ngerti ngacung ya....)
Selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...